TIPS BUAT MAHASISWA YANG NYARI KOS DI JOGJA


Survei lokasi

Sebaiknya sobat melakukan survei lapangan dahulu sebelum masa kuliah tiba. Sebab, jika sobat mencari kos dengan jangka waktu yang mepet itu sangat tidak mengenakan, sebab kemungkinan besar kita akan kecewa dengan kos yang kita dapatkan. Dan ahirnya kitapun tidak betah. Nah, inti dari surve adalah sobat memiliki waktu untuk memilih, membandingkan dan memikirkan dari segi kenyamanan, keamanan dan harga.




Pastikan sesuai dengan keuangan

Pastikan sobat memilih kos yang harga sewanya sesuai dengan budget. Sebab banyak macam jenis pembayaran kosan yang ada di yogya. Misalkan ada yang model sistem sewa (dalam jangka waktu satu tahun), bulanan, bahkan sampai harianpun ada. Banyak macam kosan yang tersedia di yogya.

Pastikan dekat dengan kampus

Setelah memperhatikan biaya sewa dengan keuangan, yang tak kalah penting adalah pastikan bahwa jarak tempuh kos ke kampus tidaklah terlalu jauh. Gunakan sekala prioritas waktu, jarak, dan kemacetan. Yogya merupakan kota padat kendaraan, jadi pastikan bahwa jarak antara kos dan kampus bisa ditempuh sesuai dengan jadwal kedisiplinan sobat. Jangan sampai jarak menjadi kendala sobat dalam menyelesaikan kuliah di yogya. Actually, yogya tempat yang asyik buat kuliah dan proses menempa diri.

Pastikan lingkungan kos

Satu hal yang sangat penting adalah memastikan bawa lingkungan kos sesuai dengan karakter sobat, kondusif, aman dan jauh dari kriminalitas. Pastikan juga penghuninya menerima sobat. Alangkah enaknya jika sobat menemukan kos yang penghuninya merupakan teman satu kota asal. Jadi sobat tidak terlalu lama untuk menyesuaikan diri dan brsosialisasi.





Mulailah hidup di Yogya dengan niat yang benar

Well, Yogya bukanlah kota kecil, bukan pula kota yang tertinggal peradabannya. Dengan diapit pegunungan dari berbagai arah Yogya merupakan kota lembah yang penuh misteri.

Sebagaimana kota pelajar lainnya, Yogya menyediakan aneka rupa kehidupan. Menentukan niat yang tepat adalah kata kunci yang tak boleh hilang. Sebab niat adalah nahkoda yang akan menjadi pengingat saat sobat mulai jauh dari tujuan awal. 





Sudah barang tentu banyak sekali kebebasan yang akan sobat raih. Namun sebaiknya sobat manfaatkaj kebebasan ini untuk berproses, menempa diri, menemukan jati diri. Yogya bukanlah tempat melancong, disini adalah 'kawah candradimuka' yang akan mengupas kita menjadi diri yang sebenarnya. Banyak sekali kafe yang menyediakan wahana diskusi, sebut saja kafe Basa-basi.




Disana sobat bisa menikmati kopi ditemani alunan musik, teman diskusi dan tentu saja dengan harga yang mahasiswai ditambah dengan bangku-bangku yang banyak jadi sobat bebas menemukan tempat duduknya. Tidak cukup sampai disitu, di kafe ini juga akan ada diskusi yang diisi oleh budayawan, sastrawan, penulis dan musisi. Sangat menyenangkan. 
Yah, begitulah adanya. Jangan lupa tujuan awal sobat datang ke Yogya, kemudian hiduplah dengan damai




"Jadilah lelaki yang kedinginan, maka Tuhanlah yang akan menyelimutumu" Ibnu Arabi

0/Post a Comment/Comments