MENABUNG TULISAN BUAT TUGAS AKHIR (SKRIPSI/TESIS)


Kuliah menjadi kendala bagi sebagian orang yang telah menjalaninya. Seperti misalnya biaya, waktu, pikiran, tugas-tugas dan tetekbengek lainnya. Namun, permasalahan yang paling besar menimpa sebagian orang adalah masa kuliah yang tersasa lama, tak kunjung selesai, sebab satu dan lain hal. Salah satunya yang menjadi masalah akut adalah tugas ilmiah.








Tugas ilmiah yang berat disebabkan oleh beberapa hal, seperti misalnya, kesibukan, belum mendapatkan inspirasi, belum menemukan judul kajian yang pas, atau sudah mendapatkan judul tetapi malas bimbingan, atau pembimbing yang sulit untuk ditemui, atau malas ke perpustakaan, sudah tidak ada teman satu angkatan di kampus, dan lain-lain






Sebelum terlalu banyak jumlah semester alangkah baiknya kalau anda menyiapkan judul dan proposal sebagai acuan. Saya yakin, ketika sudah semester 3/4 anda pasti sudah bisa "mengendus" bagian mana dari suatu 'konteks' yang bisa dijadikan judul dan menjadi mangsa empuk untuk dijadikan tugas ilmiah.

baca juga :







Setelah mendapatkan 'konteks' untuk tugas ilmiah jangan lupa membuat rangka judul (ulasan tentang judul baca disini). Jangan lupa batasi judul yang anda buat dengan minimal dua Rumusan Masalah (RM). Setelah itu kembangkanlah judul tadi menjadi sebuah latar belakang masalah (baca ulasanku tentang LBM disini). LBM yang dibuat tidak perlu terlalu panjang dahulu, buatlah saja poin-poin penting saja dahulu. Baik tiga hal dasar inilah yang bisa menjadi tabungan anda dalam menyongsong wisuda tepat waktu. Jangan lupa untuk selalu menambahi poin-poin lain dalam tugas ilmiah agar tidak terlalu lama masa kuliah anda.






0/Post a Comment/Comments