TIPS AMPUH MEMBUAT JUDUL SKRIPSI 100% WORK

Proses Menemukan Judul

Judul skripsi bukan perkara yang mudah. Serius. Bisa sobat tanyakan langsung mereka yang tengah mengalaminya. Biasanya mereka mahasiswa atau mahasiswi semester tujuh keatas. Agak sulit memang menemukan spesies mereka, apalagi mereka yang telah sampai pada level 11. Bisa dipastikan mereka tak dapat dilihat secara kasat mata.





Baik. Gini bat, judul bisa diawali dari ketertarikan-ketertarikan pribadi sobat pada kajian yang dipelajari sesuai jurusan sobat. Misalnya, sobat sangat tertarik dengan mata kuliah terentu. Nah, ini bisa jadi indikasi bahwa sobat punya kemampuan lebih di bidang tersebut. Setelah menemukan mata kuliah tertentu, langkah sobat adalah menggali isu yang sering muncul dari kajian tersebut.

Pasca Isu

Setelah menggali isu dengan membaca berbagai literatur. Ini penting untuk digaris bawahi, 'membaca' tidak bisa dilepaskan dari proses meramu judul. Isu bisa ditemukan pada tulisan-tulisan ilmiah misalnya skripsi terdahulu, jurnal-jurnal ilmiah, forum-forum diskusi dan buku-buku.





Dengan banyaknya isu yang tergali tentu sobat akan menemukan titik fokus wacana yang sobat fikirkan untuk mengkaji permasalahan tersebut. Judul tidak muncul begitu saja, namun ada proses penggalian yang dalam dari berbagai wacana.

Merumuskan Judul

Setelah mengantongi isu dan menemukan wacana. Rumuskan judul yang diangkat dari isu dan wacana. Rumuskanlah judul secara garis besar. Judul mentah dan apa adanya. 





Simpan dulu ide mentahnya. Sobat pergi mencari permasalahan yang ada sesuai dengan dunia nyata/kongkrit. Kuasai lapangan sesungguhnya, pelajari medan pertempuran yang tersedia. Lantas, spesifikkan judul, ramulah judul sesuai dengan konteks lapangan.

Kaitkan semua variabel yang ada di lapangan dengan ide dasar. Ini sudah masuk kedalam ranah judul matang. Kritisi dengan berbagai pertanyaan. Diskusikan dengan teman, dosen ataupun pacar.

Jika sudah yakin. Jangan lupa berdoa dan mulailah membuat latar belakang masalahnya. Rangkai menjadi sebuah proposal yang menawan. Untuk sedikit tips tentang membuat latar belakang masalah, silahkan cek artikelnya (disini).





Sedikit Basa-basi

Saat sakit kepala berlanjut jangan lupa beli obat. Saat pusing melanda jangan lupa hubungi orang tua. Jika tak kunjung juga menemukan judul bisa hubungi pawang untuk diskusi.

Jangan lupa nikmati keindahan Tuhan yang tersebar diseluruh penjuru bumi. Adek-adek tingkat adalah salah satunya. Jadi sobat jangan pernah ragu untuk memulai. Jika sakit berlanjut silagkan hubungi kami pada sumberrejeki576@gmail.com.

0/Post a Comment/Comments